You are here
Home > Highlighted > Mancanegara > Kutub Utara Menghangat 4 Kali Lebih Cepat Daripada Belahan Dunia Lainnya

Kutub Utara Menghangat 4 Kali Lebih Cepat Daripada Belahan Dunia Lainnya

Buennews- Ketika es laut menghilang, Greenland mencair dan kebakaran hutan menghanguskan hutan paling utara di planet ini, penelitian baru mengkonfirmasi apa yang menjadi alarm para ilmuwan.

Yakni kutub utara atau Arktik telah menghangat lebih cepat 4 kali lebih cepat daripada bagian dunia lainnya dalam beberapa dekade terakhir.

Fenomena yang disebut amplifikasi Arktik, disebabkan oleh emisi perangkap panas dari pembakaran bahan bakar fosil.

Para peneliti di Institut Meteorologi Finlandia menyatakan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Kamis (11/8/2022), laju peningkatan suhu di sekitar Kutub Utara dalam beberapa dekade terakhir adalah empat kali lebih tinggi daripada bagian planet lainnya.

Penulis utama dan peneliti Mika Rantanen mengatakan kepada CNN, masalah lain yakni model iklim, yang digunakan para ilmuwan untuk memprediksi perubahan jangka panjang, tidak menangkap tingkat pemanasan yang tinggi ini, yang merupakan bagian dari motivasi penelitian ini.

Itu mengkhawatirkan karena jika model tidak dapat menciptakan kembali apa yang terjadi saat ini, para ilmuwan tidak bisa yakin dengan prediksi jangka panjang mereka.

“Karena perbedaan ini, kami memutuskan bahwa ini perlu diperbaiki,” terangnya.

“Ini perlu diperbarui,” lanjutnya.

“Arktik benar-benar lebih sensitif terhadap pemanasan global daripada yang diperkirakan sebelumnya,” ujarnya.

“Hanya waktu yang akan menjawab. Mari kita lihat bagaimana ini akan berkembang di masa depan,”

Leave a Reply

Top