You are here
Home > News > Penandatangan MoU Kerjasama Perdagangan Chip Porang

Penandatangan MoU Kerjasama Perdagangan Chip Porang

Buennews.comIles-iles atau porang (amorphophallus mueleri blume) adalah tanaman umbi yang bisa diolah menjadi aneka makanan, masih kerabat dengan tanaman suweg dan walur menjadi salah satu komuditas ekspor unggulan selain kelapa sawit diharapkan dapat menjadi sumber ketahanan pangan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Paser. (Senin 5 April 2021) pukul 20.00 Wita, budidaya tanaman porang tersebut telah menjadi focus diskusi di Hotel Kryad Sadurengas Tana Paser yang dikemas oleh Sdr. Dwi Cahyo selaku panitia melalui acara Gala Dinner sebelum dilaksanakan Seminar dan MoU antara kelompok Tani Atap Daun Edukasi dengan Pt. Porang Tidar Nusantara, kegiatan dihadiri Kapolres Paser AKBP Eko Susanto,S.I.K, Pasi Ops yang mewakili Dandim 0904 TNG, Pimpinan Bank Kaltimtara Yudi Susetyo, Kasat Binmas AKP Bambang Yuwono, Ketua DPP P3N Ngakip Al – Ghazali, Ketua DPW P3N Kaltim Syamsudin, Ketua DPC P3N Paser Andis Fauzi, Direktur Trubus Kecana H.Toni Budi Hartono, Direktur Pt. PTN Bayu, SE dan Ketua kelompok Tani Kandank Kayu Baedowik serta undangan.

Pertemuan kali ini Kapolres Paser sangat mendukung adanya program tanaman porang di Kabupaten Paser, sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan pangan bagi masyarakat, juga bagi personil Polres Paser. “Kami telah siapkan lahan di Paser Belengkong.” tutur Kapolres.

Panitia berharap budidaya tanaman porang di Kabupaten Paser didukung adanya pabrik pengolahan Chip Porang untuk menampung hasil sehingga perlunya kemandirian petani untuk melaksanakan agro bisnis yang profesional.

Direktur Trubus Kencana H. Toni sebagai salah satu penggiat pertanian di Kabupaten Paser menyampaikan bahwa masih tersedianya luasan lahan dan iklim curah hujan cukup tinggi di Pulau Kalimantan sangat mendukung bagi perkembang tanaman porang, porang dapat ditanam tumpang sari di sela-sela kelapa sawit. ia mengajak para petani jangan hanya melihat, mendengar namun harus menanam bila ingin meraih kesuksesan.
“Kalau takut kaya, jangan menanam porang.”Kata Ketua DPP P3N, diakhir pertemuan.
POTENSI DAN KIAT SUKSES PETANI PORANG PASER.

Leave a Reply

Top