You are here
Home > Uncategorized > Kapolres Paser Melakukan Pengecekan Harga Sembako Jelang Ramadhan

Kapolres Paser Melakukan Pengecekan Harga Sembako Jelang Ramadhan

BUENNEWS.COM – Kapolres Paser AKBP Murwoto, S.H., S.I.K. menyempatkan diri melakukan pengecekan harga sembako dan ketersediaan bahan pokok (sembako) untuk masyarakat Kab. Paser menjelang bulan suci Ramadan 2020, Kamis (19/03/2020) di Gudang Bulog Kab. Paser dan dilanjutkan Pasar Induk Senaken.

Pada pengecekan tersebut, Kapolres Paser didampingi oleh Pju Polres Paser diantaranya Kasat Reskrim, Kasat Intelkam, Kasat Binmas, Kapolsek Tanah Grogot dan Kasi Propam. Kedatangan Kapolres beserta rombongan disambut oleh Kepala Kancapem Bulog, Sdr. Panji Lintang dan Kepala Gudang Bulog Kab. Paser, Sdr. Hamsari.

Kapolres yang akrab dengan senyum ramahnya itu mengatakan agenda ini merupakan inisiatif dirinya secara dadakan mengunjungi gudang Bulog Kab. Paser serta menghimbau agar stock sembako yang tersedia saat ini bisa mencukupi kebutuhan masyarakat kab. Paser.  “Apabila ada kendala atau permasalahan bisa segera berkoordinasi dengan Polres Paser atau Instansi Terkait lainnya, Jangan sampai ada penimbunan sembako dan apabila ditemukan akan dikenakan sanksi yang tegas sesuai dengan hukum yang berlaku,” pinta Kapolres.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kancapem Bulog, Sdr. Panji Lintang menyampaikan untuk stock di gudang Bulog masih mencukupi, dengan rincian stock beras 430 Ton yang terbagi dalam dua gudang yaitu gudang Bulog Babulu sebanyak 200 Ton dan gudang Bulog Tanah Grogot 230 Ton, Stock Daging beku kosong namun rencananya besok akan datang 2 Ton, stock minyak goreng 1200 liter dan stock gula pasir sementara kosong. Untuk beras diperkirakan masih dapat mencukupi untuk kebutuhan 3 bulan kedepan. Apabila digudang Bulog Kab. Paser kekurangan stock bahan pokok, akan didistribusikan oleh Gudang Bulog Babulu kab. Penajam Paser Utara.

Setelah pengecekan sembako di gudang Bulog Kab. Paser, Kapolres Paser melanjutkan pengecekan ke pasar induk Senaken Kab. Paser. Kegiatan tersebut sangat disambut positif oleh pihak pengelola pasar diantaranya Kepala TU UPTD Pasar Induk Penyembolum Senaken Tanah Grogot Sdr. Khairul, Kasi Pengawasan Pasar Induk Penyembolum SenakenTanah Grogot Sdr. M. Fitriansyah. Saat berada di dalam pasar, Kapolres sempat menanyakan kondisi harga beberapa kebutuhan pokok pada pedagang. Seperti pedagang daging sapi dan ayam, kelontong dan bumbu dapur. Harga yang disampaikan pedagang dicatat dalam buku oleh anggotanya.

“Acara pengecekan harga sembako dan kesiapan kamtibmas  menjelang bulan Ramadan ini dilakukan untuk melihat situasi dan kondisi lapangan,” jelas Kapolres. Dari pemantauan tersebut, diketahui harga sejumlah bahan pangan di Pasar Induk Penyembolum Senaken Tanah Grogot belum mengalami kenaikan yang signifikan. Ditambahkan, tujuan lain pantauan ini untuk mendeteksi dan mencegah adanya penimbunan bahan pangan yang dilakukan spekulan-spekulan dikarenakan ramainya berita penyebaran virus Covid 19 atau Corona.

“Apabila ditemukan spekulan yang menimbun barang dengan tujuan mencari keuntungan, Polres Paser tak segan-segan untuk melakukan tindakan tegas. Kami nantinya akan berkoordinasi dengan Pemkab Paser untuk mencegah terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok,” imbuh Kapolres.

Kapolres mengharapkan kerjasama seluruh pihak baik pengelola pasar dan pedagang untuk mengantisipasi masalah keamanan terutama menjelang bulan ramadhan 2020. Selain itu Kapolres Paser meminta para pengguna pasar menjaga keamanan serta kebersihan pangan terutama bahan sembako yang dijual di pasar.

Leave a Reply

Top